12 Universitas Sastra Inggris Terbaik di Dunia dan Websitenya Versi BDBI

Posted on

12 Universitas Sastra Inggris Terbaik di Dunia dan Websitenya Versi BDBI – Bahasa Inggris saat ini memang masih menjadi bahasa yang universal. Bahasa ini dijadikan sebagai bahasa Internasional. Sehingga jangan heran banyak orang yang #semangat45 untuk mempelajarinya.

Bagaimana dengan sahabat BDBI? Apakah masih semangat belajar bahasa Inggris nya? Masih dong… 😀

Dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik tentu membuat kita menjadi lebih mudah mencari pekerjaan yang di inginkan. Misal menjadi guru, editor, penerjemah, jurnalis, presenter, ahli bahasa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, sahabat BDBI dapat mencoba menuntut ilmu di 12 kampus sastra inggris terbaik di dunia berikut ini! Dijamin deh langsung jago bahasa inggrisnya. Let’s check it out! 😀

12 Universitas Sastra Inggris Terbaik di Dunia dan Websitenya Versi BDBI

12 Universitas Sastra Inggris Terbaik di Dunia dan Websitenya Versi BDBI

Note: urutan hanya berdasarkan alphabet saja lho :)

1. Boston University


boston-university

Boston University adalah salah satu universitas swasta yang terletak di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Universitas ini didirikan pada tahun 1869 dengan motto ‘Learning, Virtue, Piety.’

Saat ini Robert A. Brown adalah presiden yang memimpin Boston sejak tahun 2006. Beliau dibantu setidaknya oleh 3888 staf akademik dan 9974 staf administratif. Jadi, sudah tidak diragukan lagi mengapa universitas ini sangat direkomendasikan bagi sahabat yang ingin belajar Bahasa Inggris.

Salah satu lulusan paling terkenal adalah Martin Luther King, Jr. Beliau meraih gelar PhD pada tahun 1955. 9 Tahun setelah beliau lulus, tepatnya pada tahun 1964, beliau mendapatkan Penghargaan Nobel Perdamaian. Wow! Keren kan? Yuk…kuliah disini aja. 😀

Official website: https://www.bu.edu
Motto: ‘Learning, Virtue, Piety.’

2. Cambridge University


cambridge-university

Lebih tua dari Boston, Cambridge University didirikan pada tahun 1209! Wow!!! Jadi, 100% garansi uang kembali apabila sahabat kuliah disini! Di jamin jago deh bahasa Inggrisnya.

Universitas Cambridge ini terletak di Britania Raya dengan moto ‘From here, light and sacred draughts’.

Beberapa lulusan yang terkenal antara lain; Jeremy Paxman, Emma Thompson, dan Sam Mendez. Nama yang paling akhir disebutkan adalah merupakan sutradara terkenal. Salah satu film nya yang terkenal adalah Skyfall.

Memang persyaratan untuk masuk ke universitas yang diketuai oleh David Sainsbury ini memanglah sangat ketat. Bahkan, termasuk yang paling ketat se-Britania Raya. Berani coba? Siapa Takut!!! Langsung kunjungi web nya dulu yuk…

Official website: https://www.cam.ac.uk
Motto: 'From here, light and sacred draughts'

3. Columbia University


columbia-university

Satu lagi universitas swasta yang sangat terkenal akan kualitasnya adalah Universitas Columbia. Universitas ini terletak di New York City, America Serikat.

Dulunya universitas ini bernama King’s College. Namun, sejak tahun 1784 berubah menjadi Columbia College.

Didirikan sejak tahun 1975, tak tanggung-tanggung universitas ini mampu melahirkan banyak sekali tokoh terkenal dunia. Gak percaya? Liat aja nih tokohnya:

  • Barack Obama, Siapa lagi kalo bukan Presiden Amerika. 😀
  • Isaac Asimov
  • Theodore Roosevelt
  • Franklin D. Roosevelt
  • Alexander Hamilton
  • Enrico Fermi
  • Paul Auster
  • Mikhail Saakashvili, presiden Georgia
  • Azyumardi Azra, mantan rektor UIN Jakarta nih… 😀
  • Cinta Laura Kiehl, aktris Indonesia lho…. 😀

Sahabat mau jadi list selanjutnya? Yukkk…..semangat terus belajarnya ya!

Official website: www.columbia.edu
Motto:In lumine Tuo videbimus lumen’

4. Emerson College


emerson-collage

Emerson College ini sebenarnya terletak berdekatan dengan Boston University. Emerson College terletak di pusat kota Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

Kampus yang identic dengan warna ungu ini bisa juga lho menjadi pilihat sahabat untuk belajar bahasa Inggris. Mau liat-liat? Langsung aja meluncur ke website nya berikut ini:

Official website: www.emerson.edu
Motto: ‘Expression Necessary to Evolution’

5. Emory University


emory-university

Suka menulis puisi? Cerita fiksi, non fiksi, naskah atau drama? Mungkin Universitas yang didirikan pada tahun 1836 ini cocok untuk sahabat BDBI semua.

Kampus yang identic dengan warna biru ini terletak di daerah Druid Hills, Georgia, United States. Boleh juga nih jadi pertimbangan buat belajar bahasa Inggris. 😀 Langsung aja yuk cek website resminya.

Official website: www.emory.edu
Motto: The wise heart seeks knowledge’

6. Harvard University


harvard-university

Universitas yang dipimpin oleh Drew Gilpin Faust ini bertempat di daerah Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat.

Didirikan sejak tahun 1636, tepatnya pada tanggal 8 September, universitas ini adalah kerabat dekat dari Cambridge University. Bukan karena lokasinya lho… 😀

Lantas?

Yup, pada awalnya universitas ini bernama New College. Pada tanggal 13 Maret tahun 1639, New College berubah nama menjadi Harvard College.

Hal ini untuk menghormati John Harvard, yang merupakan penyumbang terbesar dari Harvard College.

Pada tahun 1780, Harvard College mulai berubah menjadi Universitas. Sehingga orang-orang mulai memanggilnya Universitas Harvard atau Harvard University. Penasaran? Kunjungin aja websitenya berikut ini:

Official website: www.harvard.edu
Motto: ‘Veritas’

7. New York University


new-york-university

Universitas New York atau New York University ini biasa juga disingkat menajdi NYU. NYU terletak di New York City, Amerika Serikat. Kampus utamanya ada di daerah Greenwich Village, Manhattan.

Universitas ini didirikan pada tahun 1831. Saat ini di pimpin oleh Jason Wong beserta 6755 staf akademik dan 15286 staf administratif.

Hebatnya, mahasiswa yang belajar disini berkesempatan diajar oleh penulis terkenal, seperti Jonathan Safran Foer, E.L. Doctorow, Colson Whitehead dan Zadie Smith. Gimana? Tertarik? Langsung aja ke TeKaPe…. 😀

Official website: www.nyu.edu
Motto: ‘Perstare et praestare’

8. Oxford University


oxford-university

Sesuai dengan namanya Universitas Oxford, tentu terletak di Oxford, tepatnya Inggris, Britania Raya. Universitas ini adalah merupakan universitas terbaik dan tertua di dunia yang berbahasa Inggris. What?!

Bahkan tidak ada yang tau pasti kapan Oxford University ini di dirikan. Yang pasti, perkuliahan dimulai sejak tahun 1096. #buseett…. 😀

Yuk…yukk….langsung berangkat…!!! 😀 Semangat!!! Tapi berangkat ke website nya dulu boleh dong…. nih alamat website resminya:

Official website: www.purdue.edu
Motto: ‘Dominus Illuminatio Mea’

9. Purdue University


purdue-university

Purdue University adalah salah satu pilihan tepat bagi sahabat BDBI yang ingin kuliah di jurusan sastra Inggris.

Universitas Purdue ini terletak di West Lafayette, Indiana, Amerika Serikat. Purdue sendiri didirikan pada tanggal 6 Mei tahun 1869.

Kampus ini mempunyai program unggulan yang diberi nama Looseleaf Writing Workshop Series. Melalui program tersebut staf dan mahasiswa berkesempatan mengajar tentang cara penulisan kepada suatu komunitas. Wow! Sahabat tertarik? Langsung cek disini:

Official website: www.ox.ac.uk
Motto: ‘We are Purdue! What we make moves the world forward!’

10. Stanford University, United States


standford-university

Standford University dikenal juga sebagai kampus terbesar kedua di dunia yang terdiri atas sekolah teknik, kedokteran, pendidikan, hukum, ilmu bumi, bisnis, sains, dan humaniora. Banyak pilihan nih… 😀

Sekilas logonya mirip dengan Universitas Boston. Letaknya sekitar hanya 60 kilometer di tenggara San Fransisco. Deket banget dengan kota Palo Alto, California, Amerika Serikat.

Standford University ini adalah universitas swasta yang didirikan pada tahun 1891. Didirikan oleh seorang raja kereta api, Gubernur California, Jane Stanford. Sesuai yang mendirikan nih namanya. 😀 Gimana? Tertarik ke Standford? Cek dulu websiter resminya ya…. dibawah ini:

Official website: www.standford.edu
Motto: ‘Die Luft der Freiheit weht’

11. University of California Berkeley


university-of-california-berkeley

Universitas California, Berkeley dikenal juga sebagai Cal, UC Berkeley, The University of California, atau Berkeley.

Universitas yang terletak di timur Teluk San Francisco di Berkeley, California, Amerika Serikat ini didirikan pada tanggal 23 Maret tahun 1868.

Oh ya Universitas ini Negeri lho…. Jadi, lebih murah deh… Tapi…kalo make $ sih sama aja…lumayan mahal juga. Tapi, dijamin deh…jago Bahasa Inggris kalo kuliah disana. 😀

Gimana? Jadi kesana? Hee….

Official website: www.berkeley.edu
Motto: ‘Fiat Lux’

12. Yale University, United States


yale-university

Yale University adalah sebuah universitas swasta yang didirikan pada tahun 1701. Berlokasi di New Haven, Connecticut, Amerika Serikat, universitas ini melahirkan cukup banyak tokoh tokoh terkenal lho…

Siapa?

Diantaranya adalah William Howard Taft, Gerald Ford (LL.B), George H.W. Bush (BA), Bill Clinton (JD), dan George W. Bush (BA). Wowww!!!!????

Oke fix….gue ke Yale University aja deh… 😀 Gimana dengan sahabat BDBI?

Official website: www.yale.edu
Motto: ‘Lux et veritas’

Nah, demikianlah tadi daftar 12 universitas sastra inggris terbaik di dunia versi BDBI. Apakah sahabat BDBI sudah menentukan universitas mana yang menjadi pilihan? Yakinlah dimanapun kuliahnya, asalkan bersungguh-sungguh, pasti berhasil! #Aamiin Semangat! 😀

Reference: collegemagazine.com dan id.wikipedia.org
All Images source: image.google.co.id

Simak juga materi BDBI lainnya:

Gravatar Image
I Love Teaching and Learning English. Bagikan juga artikel diatas, agar bermanfaat juga untuk sahabat Anda. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *