Contoh Ungkapan Untuk Mengakhiri Percakapan Dalam Bahasa Inggris

Contoh Ungkapan Untuk Mengakhiri Percakapan Dalam Bahasa Inggris – Welcome back sahabat BDBI semua! Kembali lagi nih di website kita tercinta. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menutup percakapan dalam bahasa Inggris.

Sebagai pelajar bahasa Inggris, kita wajib mengetahui tips bagaimana cara mengakhiri percakapan yang baik dan sopan. Hal ini akan sangat membantu kita pada saat kita melakukan percakapan dengan orang yang kita hormati atau yang baru saja kita kenal.

Dalam mengakhiri sebuah percakapan, kita juga harus memperhatikan situasi yang sedang terjadi. Nah, berikut ini adalah beberapa situasi dan kalimat atau ungkapan yang cukup sering digunakan. Langsung aja, let’s check it out!

Contoh Ungkapan Untuk Mengakhiri Percakapan Dalam Bahasa Inggris

Contoh Ungkapan Untuk Mengakhiri Percakapan Dalam Bahasa Inggris


1. It’s been nice talking to you. Let’s keep in touch.


Situasi: Misal kita ingin mengakhiri sebuah percakapan terhadap orang yang baru pertama kali kita temui/kenal. Mungkin bertemu dengan orang tersebut di pesta, bus, pesawat, kereta, dan lain sebagainya. Maka kita dapat menggunakan kalimat berikut ini:

  • It’s been nice talking to you. Let’s keep in touch.
  • It’s been great talking to you. Let’s keep in touch.
  • Senang ngobrol dengan Anda. Mari kita tetap saling berhubungan/berkomunikasi.

Setelah mengucapkan ‘Let’s keep in touch’, hal ini biasanya di ikuti dengan saling menukarkan kartu nama, kartu tanda pengenal, PIN bbm, email, nomor HP, dan lain sebagainya. Tujuannya tidak lain untuk tetap dapat saling berkomunikasi lebih lanjut.


2. Anyway, I’ll talk to you more later. I’ll let you get back to your work.


Situasi: Misalnya pada saat sahabat sedang bekerja di kantor. Lalu, sahabat memutuskan untuk mengambil istirahat sejenak (mungkin hanya untuk minum kopi). Pada saat di jalan ingin mengambil kopi, lalu sahabat bertemu dengan kolega, keluarga, atau teman.

Sayangnya, orang yang sedang sahabat temui tersebut senang nge-gosip alias cerewet (kalo udah ngobrol, ga pernah mau berhenti). 😀 Sehingga sahabat merasa tidak enak untuk menyudahi percakapan tersebut, padahal sahabat sedang banyak pekerjaan yang menanti.

Pernah ngalamin? Hahaa… kalo dalam bahasa Indonesia mungkin sahabat tidak akan mengalami masalah apapun. Tapi, bagaimana jika dalam bahasa Inggris?

Nah, mungkin kalimat berikut ini dapat menjadi pilihan sahabat untuk mengakhiri percakapan pada situasi tersebut. Let’s check it out!

Advertisement

  • Anyway, I’ll talk to you more later. I’ll get back to work.
  • Anyway, I’ll talk to you more later. I’ll let you get back to your work.

Jika kita bandingkan, kedua kalimat diatas sebenarnya mempunyai makna yang kurang lebih sama. Namun, kesannya kalimat kedua lebih sopan bila dibandingkan dengan kalimat pertama. Mau pake yang mana? 😀


3. If you’ll excuse me. I’m going to go grab another drink.


Situasi: Misalkan sahabat sedang berada di sebuah pesta atau di tempat hangout, tentu sahabat tidak hanya ingin ngobrol dengan satu orang saja seharian penuh, bukan?

Tentu ada kalanya kita ingin ngobrol juga dengan orang lain. Atau mungkin saja, percakapannya sudah ‘gak asik’ lagi’. 😀 Nah, pada situasi inilah kita dapat menggunakan kalimat dibawah ini:

  • If you’ll excuse me. I’m going to go grab another drink.
  • If you’ll excuse me. I’m going to the wash room.

*note: Pura-pura mau ngambil minum atau mau ke toilet, padahal… 😀


4. It was good running in to you. I’m actually in my way to work.


Situasi: Pada saat kita bertemu dengan orang/sahabat/keluarga yang sudah lama tak berjumpa. Pada saat bertemu, orang tersebut sangat senang bertemu dengan kita. Namun, sangat disayangkan sekali, kita benar-benar tidak mempunyai cukup waktu karena harus bekerja.

Jadi, kita hanya bisa mendengar/melakukan percakapan dengan ‘dia’ dalam waktu yang sangat singkat. Mungkin hanya 1 atau 2 menit saja. Nah, pada saat situasi seperti inilah kita dapat menggunakan kalimat dibawah ini:

  • It was good running in to you. I’m actually in my way to work.
  • Oh, it was so nice to see you again. But, I have to work.

*Note: Jangan lupa untuk memberikan alasan agar ia bisa memakluminya. Oh ya, berusaha untuk tetap mendengarkan dia beberapa saat, agar ia tetap merasa senang. Namun, jangan terlalu memaksakan diri. 😀


Demikianlah contoh ungkapan untuk mengakhiri percakapan dalam bahasa Inggris yang dapat kami berikan untuk sahabat BDBI semua. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi salah satu cara yang dapat sahabat praktikkan pada saat melakukan percakapan bahasa Inggris. Terima kasih.

Reference: Naharika English Trainer
Image source: image.google.co.id

Simak juga materi BDBI lainnya disini:

Tags: #3 Contoh Ungkapan Pembuka Dalam Percakapan Non Formal #Buatlah 3 Contoh Ungkapan Pembuka Dalam Percakapan Nonformal #Cara Membuka Kelas Dengan Bahasa Inggris #Cara Membuka Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas #Cara Menutup Percakapan Dalam Bahasa Inggris #Contoh Kalimat Pre Closing #Contoh Percakapan Mengawali Memperpanjang dan Menutup Percakapan #Contoh Pre Closing #Contoh Ucapan Perpisahan Dalam Situasi Formal #Contoh Ungkapan Pembuka Dalam Percakapan Formal #Contoh Ungkapan Salam Pembuka Dalam Percakapan Non Formal #Hal Apa Saja Yang Biasa Diucapkan Untuk Mengakhiri Percakapan #Membuka dan Menutup Pelajaran Dalam Bahasa Inggris #Penutup Percakapan Bahasa Inggris

author
Author: 
I Love Teaching and Learning English. Bagikan juga artikel diatas, agar bermanfaat juga untuk sahabat Anda. ^_^
Cara Menyatakan Jam atau Waktu dalam Bahasa Inggris Paling Benar
Cara Menyatakan Jam atau Waktu dalam Bahasa Inggris Paling Benar
Cara Menyatakan Jam atau Waktu dalam Bahasa
Kamus Bahasa Inggris Terbaik di Dunia? Oxford, Cambridge, or Longman?
Kamus Bahasa Inggris Terbaik di Dunia? Oxford, Cambridge, or Longman?
Kamus Bahasa Inggris Terbaik di Dunia? Oxford,
14 Kesalahan yang Sering Diucapkan Orang Indonesia dalam Bahasa Inggris
14 Kesalahan yang Sering Diucapkan Orang Indonesia dalam Bahasa Inggris
14 Kesalahan yang Sering Diucapkan Orang Indonesia
Penjelasan Angka Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya Terlengkap
Penjelasan Angka Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya Terlengkap
Penjelasan Angka Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya
Cara Membuat Kalimat Dalam Bahasa Inggris Menggunakan “Would Like”
Cara Membuat Kalimat Dalam Bahasa Inggris Menggunakan “Would Like”
Cara Membuat Kalimat Dalam Bahasa Inggris Menggunakan
Contoh Kalimat Tanya Dalam Bahasa Inggris Beserta Arti dan Jawabannya
Contoh Kalimat Tanya Dalam Bahasa Inggris Beserta Arti dan Jawabannya
Contoh Kalimat Tanya Dalam Bahasa Inggris Beserta

Leave a reply "Contoh Ungkapan Untuk Mengakhiri Percakapan Dalam Bahasa Inggris"


Top