Kosakata Bahasa Inggris Tentang Penerbangan (Pesawat Terbang) Beserta Arti

Posted on

Kosakata Bahasa Inggris Tentang Penerbangan (Pesawat Terbang) Beserta Arti – Welcome back! Selamat datang kembali sahabat BDBI semua. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kosakata yang berhubungan dengan pesawat terbang.

Mungkin sebagian basar dari sahabat BDBI yang sedang membaca artikel ini sudah pernah menaiki pesawat terbang. Seperti yang kita tahu, hampir seluruh maskapai penerbangan yang ada di dunia ini menggunakan bahasa Inggris dalam melayani pelanggannya.

Tidak jarang para penumpang merasa kebingungan apa yang sedang di informasikan oleh pihak maskapai. Nah, agar hal itu tidah terjadi kepada sahabat BDBI semua, mungkin beberapa kosakata berikut ini akan sangat membantu. Let’s check it out! 😀

Kosakata Bahasa Inggris Tentang Penerbangan (Pesawat Terbang) Beserta Arti

Kosakata Bahasa Inggris Tentang Penerbangan Beserta Arti


To board / To Embark


Dalam perjalanan menggunakan pesawat terbang, hal pertama yang kita lakukan adalah check it, melewati pihak imigrasi dan seterusnya. Barulah setalah itu kita siap untuk board ke pesawat.

To board / To Embark biasanya sering diucapkan oleh pihak maskapai, apabila pesawat ‘is ready to board’ itu artinya kita sudah dapat menaiki pesawat terbang.


Cabin


Cabin adalah interior yang ada di dalam pesawat terbang.


Airport


Airport atau Bandara adalah sebuah lokasi dimana terdapat landasan pacu pesawat terbang, pemesanan tiket, dan lainnya yang berhubungan dengan penerbangan. Bahkan tidak jarang ada bandara yang mempunyai hotel, supermarket, dan lain sebagainya.


Flight Attendant


Flight Attendant adalah orang yang membantu melayani para penumpang dalam penerbangan. Flight Attendant juga biasa disebut dengan istilah cabin crew. Flight Attendant juga dapat dibagi menjadi 2 yaitu, flight attendant perempuan, biasanya cantik-cantik nih 😀 , disebut juga stewardess dan flight attendant laki-laki disebut juga dengan steward, pasti ganteng-ganteng. 😀


Aisle


Aisle adalah sebuah lorong yang berada di dalam pesawat terbang tempat para penumpang dan pelayan berjalan. Simpelnya: jalanan/gang yang berada di deretan tempat duduk. Biasanya lorong ini tepat berada di tengah.

Kata Aisle, juga dapat digunakan dalam menentukan tempat duduk seseorang. Contoh:

  • Window seat: adalah tempat duduk yang berada tepat disamping jendela pesawat terbang. Biasanya anak-anak menyukai posisi ini, karena dalam penerbangan kita dapat melihat keluar dari ketinggian.
  • Aisle seat: adalah posisi duduk yang tepat berada di samping lorong pesawat terbang. Duduknya di pinggir. 😀
  • Middle seat: sesuai dengan namanya, posisi duduk ini berada di tengah. Namun, tidak semua pesawat mempunyai middle seat, biasanya hanya untuk pesawat-pesawat yang berukuran cukup besar.

Overhead bin


Overhead bin adalah sebuah tempat yang kecil (tidak terlalu besar) yang biasa digunakan untuk menyimpan tas, laptop, atau barang bawaan kita dalam perjalanan. Oh ya, biasanya tempat ini terletak tepat diatas tempat kita duduk.


Galley


Galley adalah sebuah tempat dimana tempat para pelayan maskapai penerbangan menyiapkan dan membuat makanan untuk para penumpang. Simpelnya: Dapur yang ada di pesawat. #udahgituaja 😀


Cockpit


Cockpit adalah sebuah ruangan yang sifatnya pribadi dan merupakan tempat yang sangat penting dalam pesawat terbang. Cockpit ini merupakan ruangan tempat pilot mengontrol semua hal yang berkaitan dalam penerbangan.


Pilot / Co-pilot


Pilot atau biasa juga dipanggil captain adalah orang pertama yang mengontrol pesawat terbang ketika sedang mengudara. Co-pilot adalah orang yang membantu pilot dalam menjalankan tugasnya. Tugas seorang Co-pilot juga tidak kalah penting jika dibandingkan dengan pilot. 😀


Taxing


Istilah Taxing dalam penerbangan dapat dibagi menjadi 2, yaitu;

  • Taxing out adalah aktifitas dimana pesawat terbang bergerak dengan perlahan di lintasan untuk mendapatkan posisi yang pas di lintasan, agar berada dalam posisi yang benar untuk lepas landas.
  • Taxing in adalah aktifitas dimana pesawat terbang bergerak dengan perlahan di lintasan setelah mendarat untuk mendapatkan posisi yang pas dan benar sehingga dapat menurunkan penumpang dengan aman.

Take off


Take off adalah adalah posisi dimana pesawat berada di lintasan dan siap untuk lepas landas. Take for ini biasanya ditandai dengan ‘masuknya’ roda pesawat terbang dan pesawat sudah mengudara.


Motion Sickness


Motion Sickness adalah situasi yang sering dirasakan oleh para penumpang pesawat ketika pesawat mulai terbang. Hal ini biasanya ditandai dengan rasa sakit di bagian perut, kepala pusing, bahkan ada juga yang penumpang yang merasakan ‘rasa tidak enak atau sakit’ pada telinga.


To Cruise


Sesaat setelah pesawat lepas landas berada di udara dan berada dalam kecepatan yang tetap, dimana kita mendapat pemberitahuan sudah bisa melepas sabuk pengaman, pergi ke toilet, bisa berjalan di aisle dan lainnya, itu artinya pesawat sudah dalam kecepatan yang tetap dan itu juga berarti bahwa pesawat sudah dalam posisi cruising.


Turbulence


Turbulence adalah situasi dimana angin tidak dalam kondisi ‘baik’ sehingga dapat menyebabkan pesawat mendapatkan sedikit guncangan atau berguncang. Ketika dalam situasi seperti itulah, kata Turbulence sangat pas untuk digunakan.


Call Light


Call Light adalah sebuah tombol kecil yang berada tepat diatas tempat kita duduk., biasanya ada lampunya. 😀 Tombol ini dapat digunakan ketika kita membutuhkan bantuan dari para awak pesawat (Flight Attendant). Kita cukup menekannya saja, maka otomatis bantuan dari pramugari/pramugara akan segera datang. 😀 #selamatmencoba


Flight Entertainment


Flight Entertainment adalah sebuah fasilitas yang disediakan oleh pihak maskapai penerbangan untuk menghibur para penumpang. Fasilitas ini biasanya berupa sebuah TV atau LCD kecil yang berada di depan kita (di bangku penumpang didepan kita) dimana kita bisa menggunakannya untuk mendengarkan musik, menonton film, dan lainnya.


Refreshments


Refreshments adalah istilah yang digunakan untuk hidangan yang disediakan oleh pihak maskapai penerbangan (biasanya penerbangan jarak dekat). Namun, hidangan yang dimaksud ini berupa snack atau makanan ringan saja, seperti burger, sandwich, kentang goreng, dan air mineral. Inget, hanya makanan ringan saja, jadi bukan ‘nasi padang’ lho ya. 😀


Touch down


Akhirnya… touch down juga. 😀 Well, setelah perjalanan panjang menaiki pesawat terbang, maka kita akan sampai di tujuan dengan selamat. Aamiin. 😀

Nah, Touch down adalah aktifitas dimana pesawat terbang akan segera mendarat. Jadi, tepat pada saat ban pesawat menyentuh aspal landasan pacu.

Sesaat sebelum Touch down biasanya pramugari atau pramugara akan mengingatkan kita untuk duduk di tempat kita masing-masing dan memasang sabuk pengaman. 😀

[divider style=”dashed”]

Demikianlah beberapa kosakata bahasa inggris tentang penerbangan (pesawat terbang) beserta arti yang dapat kami berikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan menambah vocabulary sahabat BDBI semua. Apabila ada sahabat BDBI yang ingin menambahkan vocab tentang pesawat terbang silahkan tambahkan pad kolom komentar. Happy learning and thank you!

Image source: image.google.co.id
Reference: Naharika English Trainer

Simak juga materi BDBI lainnya:

Gravatar Image
I Love Teaching and Learning English. Bagikan juga artikel diatas, agar bermanfaat juga untuk sahabat Anda. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *