Perbedaan Wallet, Purse, Clutch, Pounch, dan Wristlet dalam Bahasa Inggris

Posted on

Perbedaan Wallet, Purse, Clutch, Pounch, Wristlet dalam Bahasa Inggris – Welcome back! Selamat datang sahabat BDBI semua! Pada kesempatan yang baik ini seperti biasanya, kita akan belajar bahasa Inggris dengan memperbanyak vocabulary. Are you ready? Lets check it out!

Perbedaan Wallet, Purse, Clutch, Pounch, Wristlet dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Wallet, Purse, Clutch, Pounch, Wristlet dalam Bahasa Inggris

Kosakata bahasa Inggris yang akan kita pelajari pada hari ini adalah tentang benda yang sering digunakan untuk menyimpan/menaruh uang. Apa itu? Yup…benar sekali, dompet!

[infobox style=”alert-custom green”]

Mungkin ada sahabat yang bertanya:

  • Apa sih bahasa Inggrisnya dompet?
  • Emang bedanya wallet dan purse apa?
  • Artinya wallet itu apasih?
  • Bingung loh, berdanya wallet, purse, dan punch. 🙁

[/infobox]

Tenang…. Semua pertanyaan itu akan kita jawab satu persatu…. Yuk lanjut baca…. 😀

Dalam bahasa Indonesia, kita menggunakan kata dompet untuk merujuk sebuah benda yang sering dibawa-bawa kemanapun. Benda ini lazimnya digunakan untuk menyimpan benda-benda berharga seperti uang, KTP, SIM, paspor, dan lain sebagainya.

Tapi tahukah sahabat BDBI bahwa, dalam bahasa Inggris, kita akan menemukan beberapa kosakata yang berhubungan dengan dompet. Meskipun setiap kata nya dapat berarti dompet, namun faktanya dompet yang dimaksud sangatlah berbeda. Gak percaya? Yuk kita simah penjelasannya berikut ini:


1. Pengertian Wallet


Pengertian Wallet bifold wallet atau dompet lipat 2 trifold wallet atau dompet lipat 3

Wallet adalah kata dalam bahasa Inggris yang paling umum digunakan untuk merujuk sebuah dompet. Adapun dompet yang biasa digunakan seperti pada gambar diatas. Biasa dikenal dengan istilah bifold wallet (lipet 2) dan trifold wallet (lipet 3).

Namun, sahabat harus ingat bahwa ternyata ada perbedaan penyebutan dompet bagi orang Inggris dan Amerika. Menjadi:

  • Wallet = Dompet Laki-laki —–> British English
  • Purse = Dompet perempuan —–> British English
  • Wallet = Dompet Laki-laki dan perempuan —–> American English

Maksudnya?

Kalo di Inggris, kita menyebut wallet khusus merujuk untuk dompet pria, sedangkan dompet wanita lebih sering menggunakan kata purse (kita bahas nanti).

Tapi, hal ini berbeda dengan orang Amerika yang ternyata lebih simple dan gak mau ribet. 😀 Ya, orang Amerika menyebut tempat untuk menyimpan uang (dompet) dengan sebutan wallet. Tidak perduli dompet wanita maupun dompet pria. Sama aja! Semuanya wallet. 😀

  • Andi: Damn! This really isn’t my day. My wallet was stolen this morning and now I’ve lost my car keys.
  • Andi: Sialan! Hari ini gue sial banget. Dompet gue dicuri tadi pagi dan sekarang gue kehilangan kunci mobil.

2. Pengertian Purse


pengertian purse

Yup, dari gambar diatas kita dapat melihat bahwa Purse adalah dompet yang digunakan oleh perempuan/wanita untuk menyimpan uang.

Oh ya, kalo orang Amerika, nyebut Purse ini untuk menunjukkan sebuah dompet agak besar (seperti tas tangan) yang digunakan khusus oleh wanita. Yaiyalah… liat aja bentuknya gitu… gak kebayang kan kalo cowo yang make? 😀 #hahaha

  • Anisa had her purse snatched while she was in the market.
  • Anisa dompetnya kejambertan ketika ia sedang berada di pasar.

3. Pengertian Clutch


pengertian clutch

Kata bahasa Inggris ketiga yang merujuk sebuah dompet adalah Clutch. Clutch adalah sebuah dompet atau lebih tepatnya tas tangan kecil yang biasa digunakan oleh wanita dengan cara digenggam.

Namun tak jarang, clutch juga dilengkapi dengan tali yang cukup panjang agar bisa digantung di pundak atau bahu si-pemakainya. Lebih jelasnya lihat gambar diatas ya. 😀

  • Anita bought a new clutch yesterday morning.
  • Anita membeli sebuah dompet (tas tangan kecil) baru kemarin pagi.

4. Pengertian Pounch


pengertian pounch

Seperti yang terlihat pada gambar diatas. Kata Pounch lebih tepatnya adalah sebuah kantong kecil yang biasa digunakan untuk menyimpan benda berharga.

Bisa berupa; hp, cincin, camera, kalung, tapi tidak menutup kemungkinan tempat menaruh uang juga. Kalo pounch ini dikasih tali pendek diujungnya, maka bisa kita sebut wristlet (lihat gambar dibawah ini).


5. Pengertian Wristlet


Pengertian Wristlet

Yang terarkir adalah Wristlet. Wristlet adalah sebuah dompet yang menggunakan tali kecil dibagian ujung dompet tersebut. Hal ini untuk mencegah dompet tersebut terjatuh, kerena tali kecil tersebut biasanya dimasukkan ke pergelangan tangan si pemakai Wristlet. Lihat gambarnya ya biar lebih jelas. 😀

[divider style=”dashed”]

Okedeh, demikianlah tadi penjelasan singkat mengenai perbedaan wallet, purse, clutch, pounch, wristlet dalam bahasa inggris yang dapat admin hadirkan untuk sahabat BDBI tercinta. Semoga dapat bermanfaat ya. Keep learning ya guys. 😀

All Images source: image.google.co.id

Simak juga materi BDBI lainnya disini:

Gravatar Image
I Love Teaching and Learning English. Bagikan juga artikel diatas, agar bermanfaat juga untuk sahabat Anda. ^_^

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *