Congratulation! Game Bahasa Inggris Untuk Anak SMP Paling Seru!

Posted on

Congratulation! Game Bahasa Inggris Untuk Anak SMP Paling Seru!Belajar bahasa inggris memang memiliki tantangan yang cukup memusingkan khususnya bagi para pengajar. Untuk itu kita sebagai pengajar harus memiliki teknik yang tepat untuk menyampaikan ilmu yang akan kita berikan. Salah satu teknik yang dapat kita gunakan adalah dengan menggunakan sebuah permainan atau game.

Permainan atau game dalam belajar bahasa inggris dasar memang dibutuhkan untuk mengusir rasa bosan dan jenuh para pelajar. Cara ini dapat anda berikan setelah melaksanakan ulangan. Berikut ini kami berikan salah satu game favorit pengajar yang sering digunakan pada saat belajar bahasa inggris dasar.

Game itu adalah C-O-N-G-R-A-T-U-L-A-T-I-O-N game. Apakah anda pernah mendengar game ini? Berikut ini langkah-langkah dalam menggunakan game ini untuk belajar bahasa inggris dasar kita. Langsung saja kita simak step-step nya:

Congratulation! Game Bahasa Inggris Untuk Anak SMP Paling Seru!

Congratulation! Game Bahasa Inggris Untuk Anak SMP Paling Seru!

  1. Masuklah kedalam kelas dengan wajah yang lain dari biasanya. Mungkin anda biasa masuk tidak pernah senyum, usahakan pada pertemuan kali ini buat diri anda tersenyum semanis mungkin. ^_^ Hal ini dimaksudkan agar para pelajar merasa rileks dan nyaman ketika akan memulai belajar.
  2. Setelah itu, berikan tujuan pembelajaran anda hari ini. Mungkin anda ingin memberikan pengetahuan tentang penguasaan vocabulary. Pada akhirnya siswa diwajibkan untuk mendapatkan new knowledge atau tambahan vocab baru pada akhir pembelajaran.
  3. Bagilah siswa anda menjadi beberapa kelompok. Kelompok ini dimaksudkan agar tercipta sebuah kerja sama team. Biasanya untuk membuat team yang bekerja maksimal dengan membaginya menjadi 4 kelompok. Akan tetapi itu semua sesuai dengan kebijakan anda.
  4. Setelah menjadi 4 kelompok besar, maka buat barisan sesuai dengan kelompok tersebut. Barisan tersebut membanjar lurus menghadap ke papan tulis.
  5. Persiapkan sebuah papan tulis untuk dibagi menjadi empat bagian.
  6. Berikan masing-masing kelompok sebuah spidol atau alat tulis di papan tulis anda.
  7. Setiap anggota kelompok maju ke papan tulis sesuai dengan gilirannya. Ketika mulai giliran maka dia berlari ke arah papan tulis dengan menuliskan ‘3 kata bahasa inggris’. akan tetapi kata tersebut harus diawali dengan huruf yang ada pada kata “C-O-N-G-R-A-T-U-L-A-T-I-O-N”
  8. Jadi, siswa pertama dari setiap kelompok menuliskan 3 kata dalam bahasa inggris yang diawali dengan huruf ‘C’. Kemudian dia kembali ke kelompoknya.
  9. Lalu, siswa kedua mengambil alat tulis dari siswa pertama dan melanjutkan menuliskan 3 kata dalam bahasa inggris yang diawali dengan huruf ‘O’.
  10. Jelaskan kepada siswa untuk melakukan ini secepat mungkin, karena kelompok yang tercepat menuliskan kata-kata hingga huruf paling akhir yaitu ‘N’ maka akan menjadi pemenangnya.
  11. Setelah setiap kelompok menyelesaikan 3 kata pada masing-masing huruf awal, maka guru memastikan agar tidak ada kata yang sama. Apabila masih terdapat kata yang sama, maka guru memberikan waktu 1 menit (*sesuai kebijaksanaan anda) untuk memperbaikinya. dalam hal ini, setiap member pada masing-masing group boleh membantu. Tentu mereka akan bekerja sama kan. ^_^
  12. Jangan lupa, team yang kalah untuk diberi hukuman ya. Misal nya dengan menyanyikan sebuah lagu bahasa inggris.

Belajar bahasa inggris dasar anda akan semakin menyenangkan kan… Selamat bersenang-senang ya…. mudah-mudahan c-o-n-g-r-a-t-u-l-a-t-i-o-n! game bahasa inggris untuk anak SMP paling seru ini bermanfaat untuk kita semua dalam meningkatkan kemampuan vocabulary siswa ya ^_^

Atau mungkin anda sebagai seorang siswa, dapat mengajak guru anda bermain game ini setelah minggu sebelumnya melaksanakan ulangan, sebagai refreshing, mungkin saja anda akan mendapat nilai tambah kan? ^_^ Selamat mencoba dan Selamat bersenang-senang.

Terima kasih.


Simak juga materi BDBI lainnya:

Gravatar Image
I Love Teaching and Learning English. Bagikan juga artikel diatas, agar bermanfaat juga untuk sahabat Anda. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *