Contoh Kosakata Dalam Bahasa Inggris di Bandara Beserta Penjelasan

Posted on

Contoh Kosakata Dalam Bahasa Inggris di Bandara Beserta Penjelasan – Berada di sebuah bandara internasional dimana Anda harus mengetahui banyak kosakata bahasa Inggris terkadang memang menyulitkan. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak asing lagi dengan makna kosakata yang berada di sekeliling Anda. Buat diri Anda tahu melalui kosakata dalam bahasa Inggris paling penting ketika Anda berada di bandara berikut ini.

Contoh Kosakata Dalam Bahasa Inggris di Bandara Beserta Penjelasan

Contoh Kosakata Dalam Bahasa Inggris di Bandara Atau Airport


1. Airline (Noun)


Airline adalah nama dari sebuah perusahaan penerbangan yang mempunyai pesawat. Misalnya saja yang ada di Indonesia Merpati Airline dan Garuda Airlaine. Contoh: I don’t like Perkutut Airlines because the service is not good enough. (Saya tidak menyukai Maskapai Perkutut, karena pelayanannya kurang begitu bagus.)


2. Delayed (Adjective)


Delay adalah situasi dimana penerbangan anda mengalami gangguan sehingga keberangkatannya di tunda. Penyebabnya dapat bermacam-macam misalnya saja karena lalu lintas penerbangan yang terlalu padat, cuaca buruk, masalah teknis dan lain sebagainya. Contoh: Perkutut flight has been delayed and my departure will be at 5.0 A.M.


3. Fragile (Adjective)


Fragile adalah benda-benda yang rapuh atau gampang pecah. Pada saat kita membawa barang yang mudah rusak di perjalanan maka akan ada stiker bertuliskan fragile di koper kita. Itu semua dilakukan agar orang lain tahu mengenai hal itu sehinggal menjadi lebih berhati-hati.


4. Arrivals (Noun)


Arrival adalah sebuah tempat dimana anda sampai ke suatu bandara, lalu keluarga atau kerabat anda akan bertemu di arrivals. Contoh: I will meet you in the arrivals longue at 5.00 P.M. (Aku akan menemuimu di arrivals longue pada pukul 5 sore.)

Baca Juga: ‘Kumpulan Kata Kata Rindu Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya


5. Identification (Noun)


ID adalah sebuah tanda pengenal pribadi yang anda miliki. Jadi, ketika anda berada di dalam pesawat untuk penerbangan ke luar negeri, maka ID yang anda perlukan tentunya adalah passport.


6. One-way (ticket) (N)


One way ticket adalah sebuah tiket sekali jalan atau satu kali dari tempat asal sampai ke kota tujuan. Contoh: I need a one way ticket to Singapore because I have to stay there for continuing my study. (Saya memerlukan tiket sekali jalan ke Singapore karena saya harus tinggal disana untuk melanjutkan sekolah saya.)


7. Check in (Verb/Noun)


Nah, setelah kita diperiksa menggunakan x-ray, lalu kita menuju check in counter dimana kita harus menyiapkan kartu identitas, tiket, dan juga membayar airport tax. Contoh: I saw Junior High School students who were checking in with me. (Saya melihat siswa SMP yang sedang check in bersama saya.)


8. Gate (Noun)


Gate adalah sebuah pintu atau gerbang yang harus anda lalui secara tepat, jadi jangan sampai salah memasuki gate jika anda tidak ingin nyasar. ^_^. Contoh: Your gate is A120.


9. Boarding pass (Noun)


Setelah Anda mendapat informasi tentang maskapai penerbangan yang akan anda naiki, maka akan ada sebuah boarding pass untuk mengecek barang bawaan anda. Jadi jangan membawa barang-barang yang illegal ya, apalagi sampai membawa bom. ^_^ Contoh: This is your boarding pass, mom. We inform you that you will be boarding at gate 5.


10. Boarding time (Noun)


Boarding time adalah waktu dimana para calon penumpang sebuah maskapai diperbolehkan/diizinkan untuk masuk kedalam pesawat. Contoh: Attention! Please move to the front of the line because the boarding begin in 10 minutes.


11. Book a ticket (Verb)


Book a ticket adalah kegiatan yang dilakukan untuk memesan sebuah tiket maskapai penerbangan. Jadi, ketika anda book a ticket berarti anda sudah memesan dan membayar tiket kursi pesawat. Contoh: Have you booked the ticket sir? (Sudahkah anda memesan tiket pak?)


12. Carry on (luggage) (Noun)


Carry on luggage adalah barang-barang bawaan yang boleh anda bawa ke dalam pesawat. Biasanya beratnya tidak lebih dari 8 kg. Tapi, anda dapat memesan tiket kembali khusus untuk bagasi anda jika bawaan anda melebihi berat tersebut. Contoh: Sorry mom, your carry on is too heavy, so you can’t bring it into the plane. (Maaf buk, barang bawaan anda terlalu berat jadi anda tidak dapat membawanya masuk ke dalam pesawat.)


13. Conveyor belt/carousel/baggage claim (Noun)


Ketika pesawat kita telah sampai, maka koper dan tas kita akan berada di sebuah ban berjalan. Nah, ban berjalan itulah yang disebut dengan conveyor belt, carousel, atau baggage claim. Contoh: Pick your bags on the carousel number two, please. (Silahkan ambil tas anda pada carousel nomor dua.)

Baca Juga: ‘Contoh Kalimat Tanya Dalam Bahasa Inggris Dengan Menggunakan W-H Words’


14. Customs (Noun)


Customs adalah sebuah proses yang harus dilewati oleh kita sebagai penumpang sebelum memasuki sebuah Negara. Disana kita akan bertemu dengan petugas dan diperiksa apakah kita membawa barang illegal, senjata api, narkoba, dan lain sebagainya.


15. Economy class (Noun)


Kelas pesawat yang murah dan biasanya digunakan oleh orang menengah kebawah atau turis-turis yang ingin irit. ^_^ Contoh: I want you to book me three tickets for economy class. (Saya ingin kamu memesankan saya tiga tiket kelas ekonomi.)


16. First class (Noun)


First class tentunya akan sangat berbeda dengan kelas ekonomi. Ini adalah sebuah kelas yang paling mahal, pada kelas ini terdapat banyak area untuk bergerak, kursinya lebih nyaman, dan pelayanannya juga jauh lebih baik. Contoh: The first class is too expensive for every local tourist. (Tiket first class terlalu mahal untuk setiap turis lokal.)


17. Business class (Noun)


Business class merupakan sebuah tempat dimana orang-orang yang berada pada posisi/duduk di kursi tersebut harus membayar lebih mahal dibandingkan dengan kelas ekonomi, akan tetapi mereka tentu akan mendapatkan pelayanan lebih spesial yang tidak dapat ditemukan pada kelas ekonomi. Contoh: Excuse me, I need a business class ticket for tomorrow. I have to meet a client in America. (Permisi, saya membutuhkan sebuah tiket kelas bisnis untuk esok hari. Saya harus bertemu dengan seorang klien di Amerika.)


18. Liquids (Noun)


Liquid artinya adalah barang yang sifatnya cair. Sebagai contoh parfum atau air mineral di dalam botol. Biasanya sebuah bandara tidak akan mengizinkan penumpang untuk membawa lebih dari 100ml cairan. Contoh: I won’t bring a liquid with more than 100ml. (Saya tidak akan membawa sebuah cairan yang beratnya lebih dari 100ml.)


19. Long-haul flight (Noun)


Long-haul flight adalah sebuah penerbangan jarak jauh yang dilakukan oleh penumpang sebuah maskapai penerbangan. Misalnya penerbangan dari Indonesia ke Mekkah Arab Saudi. Contoh: I love a long-haul flight when I went to Makkah. (Saya menyukai perjalanan jarak jauh ketika saya pergi ke Mekah.)

Demikianlah contoh kosakata dalam bahasa Inggris mengenai penerbangan yang dapat kami berikan. Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua.

Terima kasih.


Simak juga materi BDBI lainnya disini:

Gravatar Image
I Love Teaching and Learning English. Bagikan juga artikel diatas, agar bermanfaat juga untuk sahabat Anda. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *