Pengertian, Contoh, dan Rumus Past Future Continuous Tense Bahasa Inggris

Posted on

Pengertian, Contoh, dan Rumus Past Future Continuous Tense Bahasa Inggris

Pengertian, Contoh, dan Rumus Past Future Continuous Tense Bahasa Inggris – Sesuai dengan judul artikel kita kali ini, kita akan membahas mengenai tenses yang cukup sering digunakan dalam belajar bahasa Inggris. Yup, PAST FUTURE CONTINUOUS TENSE. Tenses ini tentu tidak asing lagi jika sahabat sudah mempelajari Conditional Sentence. Sebelum kita menyimak pengertian, dan penggunaannya dalam kalimat, kita lihat dulu rumusnya berikut ini:

Rumus Past Future Continuous Tense

Rumus Past Future Continuous Tense

Past future continuous tense adalah salah satu tense yang digunakan, lebih tepatnya pada conditional sentence type 2, dimana kita gunakan ketika kita ingin mengungkapkan sebuah aktifitas yang sifatnya hanyalah imajinasi yang sedang berlangsung, apabila kondisi nyatanya sudah terpenuhi. Tidak hanya itu saja, ternyata tense ini dapat kita gunakan dalam berbagai kondisi atau cases. Yuk, langsung saja sama-sama sahabat BDBI simak uraiannya berikut ini:

  1. Past future continuous tense digunakan untuk menyatakan sebuah kejadian yang akan terjadi pada waktu yang akan sedang terjadi di masa lalu. Kalimat ini memang sedikit membingungkan, namun memang begitulah adanya. Silahkan sahabat BDBI baca sekali lagi ya. πŸ˜€ Contoh kalimatnya:

The students should be finishing their homework.
(Para siswa harus menyelesaikan pekerjaan rumahnya.)

  1. Past future continuous tense digunakan untuk menyatakan sebuah kejadian yang seharusnya sedang terjadi/dilakukan pada masa lampau (past). Contoh kalimatnya;

Andy and Cindy would be watching the Titanic last night.
(Andy dan Cindy seharusnya sedang menonton film Titanik kemarin malam.)

  1. Past future continuous tense digunakan pada kalimat reported speech. Langsung saja kita simak contoh kalimatnya berikut ini:

Andrew: β€œI will be going to Lubuk Linggau next month.” (Direct speech)
Andrew said that he would be going to Lubuk Linggau the following month. (Indirect speech)

  1. Seperti yang telah disebutkan diatas tadi bahwa, past future continuous tense sering digunakan untuk membuat sebuah kalimat pengandaian tipe 2 (conditional sentence type 2). Silahkan lihat beberapa contoh kalimat beserta keterngannya berikut ini:

My girlfriend and I would be going the Slank’s show if It was not rain.
(Saya dan pacar akan sedang menonton Slank manggung jika hari tidak hujan.)

Keterangan: Dari contoh kalimat pengandaian diatas, kita dapat menarik sebuah fakta yaitu; Hari pada saat Slank manggung HUJAN, jadi saya dan pacar tidak pergi menonton Slank manggung. Atau dalam bahasa Inggris fact nya menjadi (bentuk PRESENT): It is rain.

My mother would be making some cakes if I got perfect score.
(Ibu ku akan sedang membuat beberapa kue jika aku mendapatkan nilai yang sempurna.)

Keterangan: Dari kalimat pengandaian diatas, kita dapat menyimpulkan fakta bahwa AKU tidak mendapatkan skor yang sempurna, jadi IBUKU tidak akan membuat beberapa kue. Faktanya dalam bentuk present menjadi: I don’t get perfect score.

Demikianlah pengertian, contoh, dan rumus past future continuous tense bahasa inggris yang dapat kami hadirkan untuk sahabat BDBI semua. Semoga dapat membantu sahabat BDBI dalam menguasai 16 jenis tenses yang ada dalam bahasa Inggris. Keep learning ya.. dan terima kasih. πŸ˜€


Simak juga materi BDBI lainnya:

Gravatar Image
I Love Teaching and Learning English. Bagikan juga artikel diatas, agar bermanfaat juga untuk sahabat Anda. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *