Perbedaan Antara TOEFL dan IELTS dalam Bahasa Inggris

In Tips and Tricks 335 views

Perbedaan Antara TOEFL dan IELTS dalam Bahasa Inggris – Welcome back sahabat BDBI semua! Kembali lagi di website kita tercinta! Artikel kali ini terinspirasi karena admin baru saja melihat salah satu postingan yang berhubungan dengan TOEFL.

Apasih sebenarnya TOEFL itu? Trus apa bedanya dengan IELTS? Nah, kalo TOEIC apa lagi? Tenang… kita bahas satu persatu ya. Semoga setelah membaca artikel singkat ini, sahabat BDBI semua tidak kebingungan lagi ya. Okedeh, langsung aja yuk cekidot…! 😀

Perbedaan Antara TOEFL dan IELTS dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Antara TOEFL dan IELTS dalam Bahasa Inggris

Sebenarnya istilah TOEFL dan IELTS mungkin sudah tidak asing lagi di telinga sahabat BDBI semua. Kedua istilah tersebut berkaitan erat dengan tes bahasa Inggris. Nah, berikut ini adalah perbedaan kedua istilah tersebut.


Penjelasan TOEFL dalam Bahasa Inggris


Apasih TOEFL itu?

TOEFL adalah merupakan singkatan dari Test of English as Foreign Language. TOEFL sendiri adalah tes yang dilakukan atau diselenggarakan oleh Educational Testing Service (ETS) yang berada di Amerika Serikat untuk seluruh peserta tes di dunia.

Karena tes ini diselenggarakan oleh ETS, maka tes TOEFL biasanya menggunakan bahasa Inggris Amerika atau istilah kerennya American English. Tes ini umumnya diminta oleh universitas-universitas yang berada di Kanada dan Amerika tentunya. Jadi, buat sahabat BDBI semua yang mungkin ingin melanjutkan kuliah di Kampus yang berada di Amerika atau Kanada tidak ada salahnya untuk bersiap-siap mengambil tes ini.

Jenis dan Tipenya?

Test TOEFL adalah test yang biasanya berlangsung selama hampir 4 jam. Test ini dapat dikategorikan menjadi 2 macam, yaitu:

  • TOEFL ITP (Institutional Testing Program)

adalah tes yang dipergunakan di wilayah ASIA yang mana skor nya bersifat Institusional dan hanya bisa digunakan di wilayah atau institusi tertentu. Jadi hasil dari test ini tidak bersifat global (tidak diakui di seluruh dunia.

Test jenis ini ujiannya dibagi menjadi 3 sesi yaitu: Listening, Structure, dan Written Expression  & Reading Comprehension. Skor maksimal dari TOEFL ITP ini adalah 500 atau 550 bahkan ada yang 600.

  • TOEFL iBT (internet Based Test)

adalah tes yang bersifat global (diakui di seluruh dunia) karena seluruh jawaban peserta akan langsung dikirim ke ETS yang berada di Amerika.

Test jenis ini ujiannya dibagi menjadi 4 sesi yaitu: Reading, Speaking, Writing. Skor maksimal dari TOEFL iBT ini adalah 120, rata-rata nilai minimum yang diminta adalah 80-90.

Fungsi dan Kegunaan TOEFL apa?

Sebenarnya ada banyak fungsi dan kegunaan dari mengikuti tes TOEFL. Tapi, biasanya orang yang ingin mengambil tes TOEFL ini adalah orang-orang yang ingin mendaftar di Universitas di Amerika dan Kanada.

Sebagai tambahan informasi, jika sahabat BDBI ingin mengambil test ini, usahakan nilai Minimal dari Tes TOEFL iBT adalah 100. Bahkan institusi pendidikan ternama disana ada yang menetapkan standar yang lebih tinggi yaitu 110. Semangat!!! 😀


Penjelasan IELTS dalam Bahasa Inggris


Apasih IELTS itu?

Sedangkan IELTS adalah merupakan singkatan dari Test International English Language Testing System. IELTS sendiri adalah tes yang dilakukan atau diselenggarakan bersama oleh Universitas Cambridge, IDP, Education Australia, dan British Council.

Tes IELTS sendiri biasanya menggunakan bahasa Inggris Britania atau istilah kerennya Bristish English. Pada umumnya, tes ini terima di negara Inggris, Selandia Baru, dan Australia. Buat sahabat BDBI semua yang mungkin ingin melanjutkan kuliah di Kampus yang berada di beberapa negara tersebut, silahkan untuk bersiap-siap mengambil tes ini.

Jenis dan Tipenya?

Test IELTS adalah test yang biasanya berlangsung selama hampir 2 jam 45 menit. Tes ini sendiri terdiri dari 2 modul utama, yaitu (Kita memilih modul sesuai dengan yang kita butuhkan):

  • Modul Akademik

Adalah modul yang digunakan untuk peserta tes yang ingin mendaftar di Univeristas atau perguruan tinggi (Umumnya di Inggris, Selandia Baru, dan Australia).

  • Modul Pelatihan Umum

Adalah modul yang digunakan untuk peserta tes yang ingin mendaftar mendaftar kerja, mengikuti pelatihan non akademik, atau bisa juga untuk kebutuhan imigrasi.

Tes IELTS menilai setiap bagian dengan skor 0-9, yang kemudian akan diratakan untuk skor akhir dalam skala 0-9 yang mana semua jawaban peserta test ditulis dengan tangan kecuali Speaking Section (sesi Speaking/berbicara).

Pada test Speaking ini, peserta akan berbicara dengan penilai selama beberapa waktu (12-14 menitan) yang mana peseta akan ditanyai dengan beberapa pertanyaan tentang topik tertentu atau pribadi peserta.

Fungsi dan Kegunaan IELTS apa?

Sama dengan TOEFL, sebenarnya ada banyak fungsi dan kegunaan dari mengikuti tes IELTS. Salah satunya bisa sahabat BDBI gunakan ketika ingin mendaftar di Universitas di Inggris, Australia dan Selandia Baru.

Sebagai tambahan informasi, jika sahabat BDBI ingin mengambil test ini, usahakan nilai Minimal dari Tes IELTS adalah 7. Bahkan institusi pendidikan ternama disana ada yang menetapkan standar yang lebih tinggi yaitu 7,5. Semangat dong, pasti bisa!!! 😀


Penjelasan TOEIC dalam Bahasa Inggris


TOEIC adalah merupakan singkatan dari The Test of English for International Communication. Dikutip dari Wikipedia, TOEIC is an international standardized test of English language proficiency for non-native speakers. It is designed specifically to measure the everyday English skills of people working in an international environment.

Maksudnya?

TOEIC adalah sebuah tes yang dirancang sesuai standar internasional untuk mengetahui kemahiran bahasa Inggris bagi para pengguna bahasa Inggris yang bahasa ibu nya bukan bahasa Inggris.Para peserta test ini biasanya bekerja di lingkungan internasional.

Lingkungan Internasional yang dimaksud disini adalah perusahaan yang berada di luar negeri ataupun perusahaan asing yang berada di Indonesia. Sehingga tidak menutup kemungkinan, sahabat BDBI yang ingin bekerja pada perusahaan asing di Indonesia akan diminta untuk melengkapi sertifikat TOEIC. Sementara itu, rentang nilai TOEIC adalah 10-990.

Nilai TOEIC seseorang dapat kita lihat dari jenis warna sertifikat yang didapat. Berikut ini adalah daftar warna dari Nilai TOEIC:

  • Warna Jeruk skor nilai 10-219
  • Warna Coklat skor nilai 220-469
  • Warna Hijau skor nilai 470-729
  • Warna Biru skor nilai 730-859
  • Warna Emas skor nilai 860-990

Demikianlah Perbedaan Antara TOEFL dan IELTS dalam Bahasa Inggris yang dapat admin berikan pada kesempatan kali ini.  Semoga bisa bermanfaat dan menjadi tambahan wawasan baru untuk sahabat BDBI tercinta. Keep learning and thank you guys! 😀

References:

  • TOEFL vs IELTS. https://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/perbedaan-toefl-dan-ielts.aspx. Accessed on January 13th, 2020.
  • Ujian ke Luar Negeri. https://www.ef.co.id/englishfirst/efblog/educational-advice/ujian-belajar-ke-luar-negeri/toefl-vs-ielts-pilih-yang-mana/. Accessed on January 13th, 2020.
  • TOEIC. https://en.wikipedia.org/wiki/TOEIC. Accessed on January 16th, 2020.
Image source: image.google.co.id

Simak juga materi BDBI lainnya disini:

Tags: #Beda TOEP dan TOEIC #Belajar IELTS #Contoh Tes IELTS #Ielts 6.5 Setara dengan TOEFL #Konversi Nilai TOEIC Ke TOEFL #Lebih Penting TOEFL atau IELTS #Lebih Susah TOEFL atau TOEIC #Materi TOEFL dan TOEIC Minimal Score TOEIC Untuk Kerja #Perbedaan TOEFL dan IELTS #Perbedaan TOEFL IELTS dan TOEIC #Perbedaan TOEFL PBT dan IBT #Perbedaan TOEFL PBT TOEFL IBT IELTS dan TOEIC #Ppt Tentang TOEFL and IELTS #Tes TOEFL #TOEFL PBT Adalah #TOEFL vs IELTS #TOEFL vs TOEIC

author
Author: 
I Love Teaching and Learning English. Bagikan juga artikel diatas, agar bermanfaat juga untuk sahabat Anda. ^_^
Tips dan Cara Menghafal Vocab dengan Mudah dan Super Cepat
Tips dan Cara Menghafal Vocab dengan Mudah dan Super Cepat
Tips dan Cara Menghafal Vocab dengan Mudah
Cara Menulis Surat Resmi dalam Bahasa Inggris Paling Benar
Cara Menulis Surat Resmi dalam Bahasa Inggris Paling Benar
Cara Menulis Surat Resmi dalam Bahasa Inggris
Lancar Ngomong Bahasa Inggris dari Nol? Hindari 5 Hal ini!
Lancar Ngomong Bahasa Inggris dari Nol? Hindari 5 Hal ini!
Lancar Ngomong Bahasa Inggris dari Nol? Hindari
Contoh Ungkapan Untuk Mengakhiri Percakapan Dalam Bahasa Inggris
Contoh Ungkapan Untuk Mengakhiri Percakapan Dalam Bahasa Inggris
Contoh Ungkapan Untuk Mengakhiri Percakapan Dalam Bahasa
Cara Menyatakan Jam atau Waktu dalam Bahasa Inggris Paling Benar
Cara Menyatakan Jam atau Waktu dalam Bahasa Inggris Paling Benar
Cara Menyatakan Jam atau Waktu dalam Bahasa
Kamus Bahasa Inggris Terbaik di Dunia? Oxford, Cambridge, or Longman?
Kamus Bahasa Inggris Terbaik di Dunia? Oxford, Cambridge, or Longman?
Kamus Bahasa Inggris Terbaik di Dunia? Oxford,
14 Kesalahan yang Sering Diucapkan Orang Indonesia dalam Bahasa Inggris
14 Kesalahan yang Sering Diucapkan Orang Indonesia dalam Bahasa Inggris
14 Kesalahan yang Sering Diucapkan Orang Indonesia

Leave a reply "Perbedaan Antara TOEFL dan IELTS dalam Bahasa Inggris"


Top